Luca pindahan Rumah

Image
Luca pindahan rumah dan blog luca juga ikut pindahan rumah www.luca.my.id   mampir ya ya ya www.luca.my.id   - woof woof -   πŸΎπŸΎπŸΎπŸΎπŸΎ

Sebelum Mengadopsi Luca Si Golden Retriever Gabruk


Luca diadopsi di usia 1,5 tahun, banyak yang bilang ini adalah usia nakal-nakalnya anjing, ditambah dengan lingkungan dan orang-orang baru, dia akan “mengetes” kita sampai entah dimana batasnya. Jadi untuk mengantisipasi itu semua, kami menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari teknik pelatihan anjing, mulai dari artikel sampai video di youtube maupun instagram. Kami gak ada tempat bertanya karena memang waktu itu belum punya teman yang punya anjing di rumah.
Dari sekian banyak artikel yang kami baca dan video yang kami tonton, setidaknya ada beberapa hal yang harus kami penuhi untuk menciptakan lingkungan yang baik buat luca dan membantu proses transisinya.


Luca menikmati sore hari di taman


Pertama, peraturan yang jelas. No means no, siapapun yang mengurus luca. Sepakati ground rulenya dan disiplin menjalankannya.
Misalkan :

  • v  Luca gak boleh dapat makan apalagi cemilan sebelum olahraga. Hal ini juga berlaku saat dia ikut mudik ataupun dititipin.
  • v  Sebelum makan harus duduk tenang dulu, gak boleh pecicilan lompat sana-sini biar makannya lebih cepat dikasih. Gak duduk tenang = gak makan.
  • v  Satu lagi, ini peraturan penting karena kami memiliki rumah yang tidak ada pagarnya, yaitu luca dilarang keluar rumah tanpa ijin. Cukup lama sampai prosesnya sampai dia mengerti peraturan ini dan meskipun sudah mengerti tapi kalau ada kucing lewat ya tetep aja dia ngikutin itu kucing tapi gak akan jauh, max jarak 4 rumah dia akan balik pulang.
Kedua, olah raga. Olah raga ini bermanfaat untuk menyalurkan energinya luca, perlu diingat bahwa luca adalah golden retriever, anjing dengan jenis sporting dong seperti ini memiliki energi yang besar karena mereka mereka dulu dibiakkan untuk menemani perburuan. Jika energi yang mereka miliki tidak disalurkan dengan baik, mereka akan menyalurkannya di obyek-obyek yang tidak seharusnya, seperti menggigiti sepatu, merobek gorden atau baju, pipis di tempat tidur, menggali halaman,menggonggong terus-menerus, dll. Selain untuk menyalurkan energi, olah raga juga bermanfaat untuk mempercepat proses bonding luca dan kami keluarga barunya.
Bentuk olah raganya apa? Gak perlu yang ribet-ribet kok, bisa dimulai dengan jalan pagi bersama. 30 menit jalan pagi (kurang lebih 3km) setiap hari cukup untuk memulai proses yang lebih jauh.

Ketiga adalah konsistensi. Ya kita bisa bikin peraturan yang banyak, detail, bla bla bla tapi kalau kita gak konsisten menjalankannya ya sama aja bohong. Anjing akan kesulitan belajar karena dia gak tau kapan dia boleh bandel, kapan dia gak boleh.

Repot ya ternyata merawat anjing itu, ya emang, tapi itu semua terbayarkan dengan tingkah polah mereka yang lucu dan kesetiaan tiada akhir.

- woof woof -

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Steril Anjing Golden Retriever Jantan

Luca My Superhero

Memperkenalkan Namanya dan Datang Saat Dipanggil