Luca pindahan Rumah

Image
Luca pindahan rumah dan blog luca juga ikut pindahan rumah www.luca.my.id   mampir ya ya ya www.luca.my.id   - woof woof -   πŸΎπŸΎπŸΎπŸΎπŸΎ

Apa pentingnya jalan pagi buat anjing?


Sejak kedatangan Luca hampir 2 tahun yang lalu, kita jadi punya 1 aktivitas wajib di pagi hari, yaitu jalan pagi bersama luca. Hujan badai, di rumah atau dimana-mana, jalan pagi itu wajib hukumnya. Kecuali luca lagi kurang enak badan atau hari minggu. Yup, minggu adalah waktunya untuk makan, gegoleran dan nonton tv (Eat, Sleep and Repeat) hahaha.

Kenapa kami yang pemalas untuk bangun pagi ini mau bela-belain bangun pagi hanya buat jalan-jalan sama luca. Well, pertama itu karena luca harus pipis dan pupup, dia gak terbiasa pipis dan pupup di dalam rumah, dia lebih suka di luar di rumput-rumput (pupup pasti dibersihkan ya biar lingkungan tetap bersih).

Kedua karena luca butuh jalan-jalan dan melepaskan sebagian energinya agar dia bisa ditinggal di rumah dengan tenang. Tanpa olah raga pagi mustahil bisa meninggalkan luca sendirian di rumah tanpa ada kerusuhan saat kita pulang nanti. Coba bayangin deh, setelah semalaman tidur nyenyak, bagun dengan penuh energi kemudian langsung sarapan dan ditinggal di rumah sendirian tanpa tv dan internet.
Bosen gak? Setres gak? Pusing gak?
Nah sama seperti kita, luca dan anjing-anjing lainnya juga pasti setres kalau ditempatkan di kondisi seperti itu. Mereka pasti bosan dan setres menunggu kita pulang di sore hari. Apa yang akan mereka lakukan saat bosan dan setres? Mmm mungkin gigit-gigit sepatu, gigit kaki meja, garuk-garuk sofa, gonggong tiada henti, gali tanah , pipis dan pupup di atas tempat tidur, dll.
Nah karena kami tidak mau itu semua, maka kami mengajak luca jalan-jalan buat olah raga pagi, 2-3 km cukup buat sampai sore hari.

Luca dan teman-teman kecilnya setelah jalan pagi bersama


Ketiga, bonding. Ya kami ingin menciptakan koneksi dengan luca. Tau kan kalau luca di adopsi di usia 1,5 tahun, sudah cukup besar untuk anjing, jadi dia gak mungkin bisa menerima kami sebagai keluarganya jika kami tidak mau mengusahakannya. Tanpa ada koneksi berarti kami juga tidak akan bisa melatih luca, tidak bisa melatih luca sama dengan tidak bisa berkomunikasi dengan luca, dan hal itu akan menyulitkan kita semua. Luca tidak tahu apa yang kami inginkan dan kami tidak bisa meberi tahu apa yang kami harapkan dari dia.

Keempat, jalan pagi adalah kesempatan untuk mengajarkan cara bersosialisasi dengan benar, baik dengan anjing lain ataupun dengan tetangga sekitar. Meskipun sebagai manusia kami ini tergolong introvert dan jarang bersosialisasi dengan tetangga tetapi luca harus bisa bersosialisasi dengan benar. Seperti tidak langsung mendatangin anjing tetangga yang ada di depan rumah (yang kebanyakan berisiknya ampun-ampunan), tidak agresif saat bertemu dengan anjing lain yang juga sedang jalan, tidak lompat-lompat saat melihat anak kecil mainan sepeda, dan bisa jaga jarak dengan manusia disekitar (mayoritas takut sama anjing). Luca adalah anjing yang ukurannya cukup besar, tanpa dia berusahapun orang sudah takut sama dia, jadi kami ingin menunjukkan kepada mereka bahwa luca itu baik, luca itu gak galak, dan luca gak akan menyakiti mereka, jadi mereka bisa menerima kehadiran luca di lingkungan rumah dan gak alasan buat benci sama luca (lain kali kami akan ceritakan bagaimana anak-anak kecil disini menjadi pembela luca).  

Nah itu semua adalah alasan kenapa kita bawa jalan luca di pagi hari (dan sore hari). Agar luca jadi anak yang pintar, biar hidup aman, tentram, sejahtera buat kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Steril Anjing Golden Retriever Jantan

Luca My Superhero

Memperkenalkan Namanya dan Datang Saat Dipanggil