Luca pindahan Rumah

Image
Luca pindahan rumah dan blog luca juga ikut pindahan rumah www.luca.my.id   mampir ya ya ya www.luca.my.id   - woof woof -   πŸΎπŸΎπŸΎπŸΎπŸΎ

Memperkenalkan Namanya dan Datang Saat Dipanggil

Info dari foster pawrentnya luca, nama resmi di sertifikatnya adalah Luke skywalker, tapi dia lebih suka memanggil dengan nama Luca, dan karena kami juga suka nama itu (kayak italian) jadi kami memutuskan buat ikut aja. Seharusnya kan dia langsung tau itu namanya, toh kita gak ganti namanya tapi karena kami ini masih orang asing buat luca jadi dia gak tau kalau kami sebut “luca” itu artinya kami panggil dia, dan dia harus datang. Jadi ya tetap harus latihan dulu. 

Setelah berbulan-bulan latihan sekarang dia bisa bawa jalan dirinya sendiri hihihi

Kami langsung memulai program pelatihan pengenalan nama dengan nonton youtube 😜. Darimana lagi kami dapat ilmu terapan begini jika tidak dari youtube, eh tapi sekarang kami banyak belajar dari trainer di instagram (dibahas lain kali). 

Dari banyak video yang kami tonton, kunci untuk memperkenalkan nama adalah sering digunakan. Semakin sering namanya digunakan dan di asosiasikan dengan sesuatu yang menyenangkan, semakin cepat dia tau itu namanya. Pertama-tama, siapkan jajan yang dia suka. Lalu panggil namanya, kalau dia nengok kasih 1 jajan, pindah posisi dan panggil lagi, kalau dia menengok lagi, kasih jajan lagi, panggil lagi dan kalau dia mau lihat kita kasih jajan lagi, begitu terus sambil jarak sedikit demi sedikt ditambah, misalkan panggil dari kamar sebelah. Semua proses ini dilakukan di dalam rumah selama kurang lebih satu minggu. 

Selama satu minggu pertama luca disini kami belum banyak jalan-jalan, paling cuma keluar buat pipis dan pupup (potty training) sambil main-main sebentar di taman. Itu juga kami manfaatkan buat mengenalkan namanya, jadi kita pakai leash sedang sambil kita panggil luca, luca, luca, sambil kita bergerak kesana-kemari dan luca mengikuti kita. 

Setelah bocahnya tahu kalau namanya adalah Luca, sekarang kita beralanjut ke program selanjutnya yaitu datang saat dipanggil. Seperti biasa kita mulai latihan di dalam rumah, di ruangan yang terkontrol dan tidak banyak godaan. 
Panggil namanya, dan kasih jajan saat di datang, pindah lokasi, panggil lagi dan saat dia datang lagi, kasih jajan lagi. Karena di dalam ruangan sepertinya sudah cukup berhasil, saatnya pindah ke luar ruangan. 

Untuk latihan di luar ruangan, kita butuh tali panjang, kita beli yang 15 meter kalau gak salah. Kita juga butuh jajan yang enak banget yang luca gak mungkin nolak yaitu ayam panggang. Siapkan tali, jajan dan mari kita ke taman. Pasang leash panjang dan biarkan dia berkelana, lalu panggil dan seperti biasa kalau dia datang berarti dia dapat jajan. Apa yang terjadi? Kami dicuekin, tarmasuk ayam panggang juga dicuekin hahahaha. Godaan dunia luar sungguh kuat saudara. 

  • Balik lagi training dalam ruangan.
  • Coba lagi training luar ruangan dengan tali pendek.
  • Upgrade tali jadi agak panjang.
  • Full pake tali panjang.
  • Dan tingkatan paling sulitnya adalah offleash 

Proses ini agak lama dan berbeda-beda buat tiap anjing, sampai hari ini pun kami masih latihan ini terus. Adakalanya keberhasilan bisa sampai 100% yang artinya luca langsung datang begitu dipanggil, adakalanya juga dia pura-pura gak denger dan bodo amat. Nah pada saat dia bodo amat ini, kita harus menarik perhatiannya dulu bisa dengan jalan berbalik arah atau tali panjangnya ditarik pelan-pelan, dan yang paling penting dia gak boleh dipukul karena udah sok budek tadi, karena malah akan memperlama proses belajarnya, membuat mereka semakin gak mau datang saat dipanggil. 

Hasil berbulan-bulan latihan

Ayuk berlatih bersama.




Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Steril Anjing Golden Retriever Jantan

Luca My Superhero