Luca pindahan Rumah

Image
Luca pindahan rumah dan blog luca juga ikut pindahan rumah www.luca.my.id   mampir ya ya ya www.luca.my.id   - woof woof -   πŸΎπŸΎπŸΎπŸΎπŸΎ

Apa itu Parasit Darah?


Artikel ini pertama aku dapatkan dari temen-temen di TheGoldies.id lalu beberapa hari kemudia muncul di SDL. Artikel ini ditulis oleh Drh. rajanti, informasi mengenai apa itu parasit darah, salah satu penyakit yang mematikan buat anabul.

====================================================================

Apa itu parasit darah
By Drh rajanti 




Parasit darah itu datangnya dari kutu. Kutu yg membawa, menjadi carier. Tidak semua kutu membawa parasit darah. Mirip seperti tikus. Tidak semua tikus membawa penyakit pes atau sampar. Tapi penyakit pes ditularkan oleh tikus. 

Jadi bisa aja cuma ada 1 kutu, tapi kalau dia membawa parasit darah akan kena seumur hidupnya. Sebaliknya bisa jadi dia kena banyak kutu kalau tidak ada yg membawa parasit darah, ya ga kena. Cuma anemia saja karena darahnya berkurang dimakan kutu..

Kutu yang membawa parasit darah belum tentu kutu yang ada sekarang. Banyak kasus, anaknya sudah bersih dan tidak berkutu, tapi karena pernah kena beberapa tahun sebelumnya, nah baru muncul gejalanya. 

Perlu waktu untuk membuat parasit darah muncul gejalanya. Berapa lama? Ga ada yang tahu. Bisa cepat dan bisa lamaaaa. Tergantung daya tahan dan imun sistem anaknya lagi. Kebanyakan mereka bisa hidup nyaman dengan parasit darah dalam badannya. Ga masalah selama mereka bahagia, makan yang bagus dan kondisi yang prima. Hanyaaaaa saya menganjurkan untuk selalu check up kimia darahnya terutama fungsi hati dan ginjalnya saat mereka mulai berumur 4 thn. Why? Karena parasit darah ini lama-lama bisa merusak hati atau ginjal atau keduanya. Jadi biasanya kita bantu dengan herbal supaya kerja liver dan ginjalnya tidak berat. 

Seharusnya tidak ada yg terlalu merisaukan untuk penyakit ini selama kita mengerti apa yg harus kita lakukan. Kebanyakan kita kecolongan karen anaknya sudah drop, anjlok sel darah merah dan trombositnya, which is sudah lemas banget sehingga sulit ditolong lagi dan harus ditransfusi. Itu pun kalau mereka bisa bertahan. 

Jadi kita perlu mengetahui kondisi anak kita sejak dini.
Kenapa saya bilang seperti itu, karena anak saya, Goldy seekor Golden Retriever yang saya adopsi, penyandang parasit darah yang terlihat banget perubahannya tanpa harus dicek darah. Artinya ga dicek darah juga kita dah bisa tahu kalau dia sedang kumat. Makanya saya harus ubah supaya dia tidak stress. Goldy bertahan hidup dengan sangat luar biasa normalnya sampai berumur 15 th. Dia pergi krn memang sudah sangat tua. 
Pengalaman ini yg membuat saya selalu berpikir bahwa kebahagiaan itu segalanya. Membuat mereka berumur panjang, membuat mereka lebih sehat.

Perubahan mendadak yang membuat stress biasanya akan menggertak parasit darah ini. Pindah tempat, pindah owner, perubahan hormonal, kawin, dioperasi, beranak meskipun normal, melakukan pekerjaan yang tidak biasa. Contoh Sparta itu adalah contoh nyata banget. Selama dia happy maka dia akan ok-ok saja. Begitu dia berpindah tempat kehilangan ownernya dimana dia itu kemungkinan besar one man dog, bertambahlah stressnya. Anjloklah dia. Jadi belum tentu karena Dinasnya. Dia mau dipindah kemana pun tetap aja bisa terjadi kondisi itu. 

Perlu diwaspadai penderita parasit darah yang bunting dan beranak. Jangankan dicesar, beranak normal saja membahayakan untuk mereka.

Waaah bisa 1 buku sendiri membahas penyakit ini. Hahaha. Semoga berguna.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Steril Anjing Golden Retriever Jantan

Luca My Superhero

Memperkenalkan Namanya dan Datang Saat Dipanggil