Luca pindahan Rumah

Image
Luca pindahan rumah dan blog luca juga ikut pindahan rumah www.luca.my.id   mampir ya ya ya www.luca.my.id   - woof woof -   πŸΎπŸΎπŸΎπŸΎπŸΎ

Pengalaman Steril Anjing Golden Retriever Jantan

Ternyata aku sudah pernah menulis tentang ini, tapi kelupaan belum di publish. Sekalian saja di edit dan di publish di sini. 

Jadi kami salah satu orang yang PRO-Steril, menurut kami itu pilihan yang akan membawa banyak manfaat baik untuk luca sendiri dan juga buat kami. Kurang lebih sekitar 2 bulan luca di rumah, kami memutuskan untuk membawa luca steril. Kami coba cari info sebanyak mungkin sebelum memulai proses yang tidak bisa di undo ini. Salah satu tempat bertanya ya komunitas anjing, dulu baru kenal Serpong Dog Lover saja. Ini beberapa pertanyaan yang coba kami kumpulkan jawabannya sebelum membawa luca ke vet buat steril: 

Umur berapa anjing bisa di steril? 

Mayoritas mengatakan anjing bisa di steril sejak usia 5 bulan, lebih cepat lebih baik kata mereka, karena anjing akan segera memasuki usia puber dan sistem reproduksinya aktif pada usia sekitar 8 bulan. Anjing betina mulai loop, anjing jantan mulai mengenali aroma betina dan mulai bertingkah (ajak ribut anjing jantan lain, marking, dll).

Ada beberapa juga yang menunggu anjingnya sampai usia dewasa (2 tahun) baru dilakukan tindakan steril, dengan alasan hormon reproduksi kan juga dibutuhkan untuk pertumbuhan mereka jadi tunggu sampai mereka dewasa baru di steril. Masuk akal juga, steril kan menghilangkan salah satu fungsi reproduksi mereka, jadi hormon mereka juga pasti berubah. Yang perlu diwaspadai di pilihan ke dua ini adalah jika di rumah ada anjing betina dan jantan sekaligus, pengawasannya harus lebih ketat terutama saat menjelang loop. Sudah terlalu sering mendengar berita “kecelakaan” dan akhirnya bingung anak-anak anjing ini mau dikemanain. 

Berapa biaya steril? 

Besaran biaya steril tergantung dari ukuran dan jenis kelamin anjingnya. Anjing besar tentu lebih mahal dari anjing kecil, dan operasi untuk betina lebih rumit daripada operasi buat anjing jantan jadi biayanya juga lebih banyak. Jangan takut dengan biayanya, banyak tanya ke clinic aja buat cari pilihan harga yang paling ok. Khusus yang anjingnya jenis mongrel, sering-seringlah cek info dari dinas terkait, mereka sering mengadakan steril bersubsidi dan juga steril gratis, syaratnya cuma KTP.

Untuk luca, golden retriever jantan usia 1,6 tahun berat 25Kg, biaya sterilnya kurang lebih 1,3juta, sudah termasuk obat. 

Berapa lama proses steril? 

Gak lama, tanpa komplikasi dkk, luca cuma butuh waktu 2 jam di klinik dan bisa dibawa pulang. Proses operasi kurang lebih 30 menit, proses buat bius dan recovery dari bius ini yang lama banget. Anjing cewek harus menginap dulu di vet beberapa hari buat recovery. 

Dan yang terakhir, lebih baik luca di steril sebelum mudik atau setelah mudik lebaran, karena waktu itu memang mendekati libur lebaran. 
Mereka serempak bilang setelah mudik lebaran, agar selama proses recovery luca ada temen di rumah, saat dia siuman dia juga ada yang menemani tidak sendirian di ruangan yang asing buat dia. Kondisi anjing sangat berpengaruh di proses recovery, anjing yang stres lebih besar kemungkinan terjadi komplikasi, jadi usahakan mereka stres free. 

Luca setelah steril, tetep sehat dan keceh.


Pesan dari dokternya luca: 

* Selama satu minggu tolong dijaga agar tidak lonjak-lonjak dulu, takut jahitannya kebuka. 
* Makan usahakan yang sudah dimasak karena sistem imun tubuhnya masih cukup lemah (kami penganut raw food dan dokternya ok dengan itu). 
* Pastikan jahitan tetap bersih dan kering.
* Nanti waktu di rumah dia pasti muntah dan minum banyak banget, jangan kawatir itu normal efek dari bius. 

Dan luca sudah steril. 
Gak ada lagi insiden dia dobrak pintu karena mau ke rumah anjing betina yang lagi loop.

Jangan takut buat steril anjingmu ya, mereka baik-baik aja kok tanpa 2 biji itu, lebih happy malahan. Buat pemilik anjing betina, steril adalah "obat" terbaik untuk menjaga agar anjing gak hamil dan menghindarkan mereka dari pyometra. 

- woof woof -

Comments

  1. Hu hu ... sdh tny anjing besar 25kg hrg steril 3jt an πŸ˜“

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari-cari lagi, banyak yang ramah kantong kok harga sterilnya.
      Jangan menyerah ya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Luca My Superhero

Memperkenalkan Namanya dan Datang Saat Dipanggil